Rabu, 18 Mei 2016

Maaf Saya Tersinggung

Jangan terlalu serius ah baca judulnya. Haha.

Berawal waktu kemarin lusa gue jadi peserta tes lembaga pers mahasiswa di kampus gue. Tesnya itu psikotes. Na terus gue kenalan ama cowok sebelah gue yang merupakan anak teknik. Dia tanya jurusan gue apa, ya gue jawab Psikologi. Katanya “wuih”, terus dia bilang lagi “kayak main catur sendiri dong. Anak psikologi di tes psikologi”
Ya gue jawab “ya enggak gitu juga sih kan aku juga gak hafal jawabannya apa”.
Terus dia ngomong lagi “eh biasanya anak psikologi nyari orang buat di tes kan, dijadiin kelinci percobaan. Haha”
Na untuk ini gue bantah lagi “ya gak kelinci percobaan juga, susah tauk praktikum gitu”

Well disini gue mikir. Mungkin buat mahasiswa lain, kita anak psikologi semester 4 yang sedang ngejalani mata kuliah Tes Psikologi, dengan tugas akhir atau praktikum besarnya adalah me-nge-TES orang lain. Itu bukan sekedar KELINCI PERCOBAAN. Sebelum terjun langsung atau mengetes kalian, kita sudah banyak belajar. Sebelum kalian mengerjakan soal, kita mengerjakan lebih dulu. Kita belajar bagaimana cara menilai jawabannya, bagaimana menginterpretasinya meskipun masih dasar. Selain itu juga kami ada latihan atau yang biasa kami sebut ROLEPLAY.

Roleplay disini kita belajar sama asisten laboratorium maupun tutor, mereka sudah terlatih dan lebih memahami teknik dalam praktikum. Kita yang mau NGETES kalian diuji kesabaran, disalahin buat ngebenerin sebelum praktikum kita. Bolak balik revisi, belum lagi kalo kehabisan jadwal praktikum, betapa kita sangat menakutkan hal ini terjadi. “emang kalo jadwal prktikum abis kenapa? Kan masih ada hari lain” iya hari lainnya tu taun depan. Kalian yg bilang KELINCI PERCOBAAN, bisa ngebayangin gak kalo ngulang satu matkul sejumlah 9 sks ? BISA ??? betapa sakitnya KHS kalian. Betapa kecewanya orang tua kalian ngeliat nilai kalian. Betapa hancurnya IP kalian.


Oke gaes gini, kok gue jadi emosi sih wkwk. Intinya gue gak ngejudge siapapun mahasiswa selain jurusan Psikologi. Gue Cuma mau berbagi cerita. Kita mahasiswa psikologi juga masih belajar. Tolong kalo gak bisa bantu kami, minimal memahami atau sekedar tahu aja bahwa kita yang nge tes kalian itu bukan ngejadiin kalian KELINCI PERCOBAAN. Tapi kami memang masih dalam tahap belajar, gak bisa langsung bisa sempurna atau handal seperti para Psikolog atau lulusan S2 di bidang Psikologi. Udah gitu aja J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar