Rabu, 17 Oktober 2012

biasa karna terbiasa


Siapa yang tidak tahu akan PANCASILA . seluruh warga negara Indonesia tentu mengetahui apa itu pancasila . yakk.. pancasila merupakan falsafah negara yang dijadikan juga sebagai dasar terbentuknya negara Indonesia . setiap satu kalimat pancasila mengandung cita-cita pemimpin Indonesia pada zaman dahulu yang mengharap akan tercapainya suatu kemakmuran dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia . Butir – butir dalam Pancasila tersebut antara lain :
§      Ketuhanan Yang Maha Esa :
§      Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab :
§      Persatuan Indonesia :
§      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / Perwakilan :
§      Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia :


Nah, mungkin semua orang hafal bagaimana lafal Pancasila, karena dari mereka TK sudah diajarkan dan saat SD wajib dihafalkan. Namun sekarang, saat anak – anak mulai beranjak remaja aliyas SMP, rasa nasionalisme mereka mulai mereda dengan perkembangan jaman serta pergaulan mereka yang tak mementingkan akan pentingnya Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa .
Untuk mengingatkan warga negara yang sudah lupa akan apa itu pancasila dan bagaimana kita sebagai warga negara menghargai kerja keras para Pahlawan yang dengan susah payah menyusun Pancasila dengan sebegitu cemerlang, marilah kita mencoba untuk melakukan hal – hal berikut ini :
J  Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, toleransi, kebebasan beribadah, penghormatan kepada agama, kerukunan dan kerja sama antar umat beragama.

J tidak membdedakan derajat, penghargaan hak asasi manusia, non diskriminatif, solidaritas antar sesama manusia antar bangsa, keadilan, kebeardaban dan perdamaian.

J cinta bangsa, cinta tanah air, persatuan bangsa, penghargaan terhadap kemajemukan, kesetaraan dan multi kulturalisme, dan gotong royong.

J kebijaksanaan, musyawah mufakat, demokrasi, partisipasi, desentralisasi, transparansi, akuntabilitas.

J mewujudkan tujuan bersama hidup bernegara yakni keadilan social, kesejahteraan social, pemerataan, jaminan social
Memang sulit untuk melakukan hal-hal tersebut, namun pepatah mengatakan “ kita akan biasa bila terbiasa “ untuk itu marilah kita membiasakan hidup dalam bermasyarakat untuk selalu menghargai ad]gama orang lain, menanamkan rasa kasih sayang kepada sesama makhluk hidup, menyalurkan rasa persatuan kepada segala hal yang ada disekitar kita. Selain itu juga harus membiasakan diri untuk menyelesaikan segala hal dengan bermusyawarah dan yang terakhir berlaku adil kepada segala hal yang bersangkutan dengan kita.
maafkan segala kesalahan saya bila dalam tulisan ini ada kata – kata yang salah bahkan menyinggung pembaca, dan saya berharap semoga tulisan saya ini bermanfaat
J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar